Performance at 2004 Spesial di Galeri Nasional & Bendera Kuning Aceh



Performance Art Special
9 September 2004 at Galeri Nasional Indonesia

Pada tahun 2004 tidak diadakan event Rewind Art karena Rewind Art 4 telah di gelar lebih cepat tahun 2003, namun aktifitas performance art tetap muncul dalam beragam event di kampus dengan semangat membara. Walaupun tak pernah membuat publikasi kepada publik tentang aktvitas performance art sejak rewind art 1 sampai saat itu, namun pada akhirnya Galeri Nasional Indonesia mencium gelagat ini dan diundanglah beberapa artist yang kerap Performance di event Rewind Art untuk mempresentasikan karyanya secara khusus selama satu hari di Galeri Nasional. Para Performer saat itu adalah M. Al-Firdaus feat KMSR 2004, Arief Darmaan/Nga-nga feat Andike dkk, Arief Rachman feat Firdaus, Arief Widiarso, Ari Suprayog0, Renno Anjar Cahyo, Agus Jemat, & Hady Ahmad.
Setelah itu ada artist talk dan diskusi dengan pembicara 3 orang dari para performance artist dengan moderator Reza Afisina dari Ruang Rupa.

Performance Art Bendera Kuning
26 Desember 2004 at Kampus UNJ

Bendera Kuning for Aceh, sebuah Performance spontanitas di sepanjang Kamus A UNJ sebagai reaksi sosial atas terjadinya bencana Tsunami di banda Aceh, Selain sebagai ekspresi belasungkawa juga ajang mengumpulkan dana untuk di sumbangkan ke Aceh. Performance besar-besaran yang melibatkan hampir seluruh keluarga besar gedung F Seni Rupa UNJ dengan bekerjasama dengan teman-teman dari jurusan seni musik, seni tari dan unit kesenian UNJ. Melibatkan lebih dari 200 performer dengan kombinasi performance art kolosal, musikalisasi puisi & tari. Salah satu performance Art terbesar bila dilihat dari jumlah massa yang dilakukan di kampus UNJ dan di koordinir oleh para artist Rewind Art.

teks : Agus Jemat
foto : Bendera Kuning by Dhenny Wonk
Galeri Nasional by Agus Jemat & RM. Herwibowo

Comments

MDAM_AM said…
Waduh.... hebat benar gambar kamu. Teruskan usaha yang bagus sebegini :)