Performance at Galeri Publik 2007



Sekarat adalah sebuah event yang di gelar di Galeri Publik / Institute Of Global Justice, Menteng Jakarta Pusat pada bulan September 2007. Selain pameran seni rupa, diskusi dan workshop juga di adakan performance art oleh Kelompok Harmoni-kota dan Arief Darmawan feat Titi Lestari dari Rewind Art (12 September).

Kelompok Harmoni-kota (Jemat, Rau-rau, Rocky) mengolah media balon sabun, kilat, asap, objek dan suara yang di dapat dari olahan sound digital, vokal, suara knalpot motor 2tak dan radio fm. Semuanya dikumpulkan dalam sebuah komposisi absurd dalam rangka merepresentasikan kota jakarta yang sehari-harinya akan membuat sekarat para pengguna jalan dengan deru asap knalpot, hujan asam, polusi suara dan volusi visual berupa objek-objek impor tidak harmonis yang sembarang ditempatkan di ruang kota

Sedangkan Arief Darmawan (Nga-nga) dan Titi Lestari menampilkan nasionalisme bangsa yang mereka anggap sekarat. Arief memasang susunan lilin vertikal mendekati Titi yang menjahit kain merah dan kain putih menjadi bendera Republik Indonesia. Ketika bendera selesai di jahit mereka ber-hormat dan mengajak audience menyanyikan Indonesia raya bersama-sama.

Comments